Cara masuk ke dalam BIOS

BIOS atau basic input output system adalah sebuah firmware yang menjembatani hubungan hardware dan software. Pada BIOS terdapat mekanisme POST atau power on self test yaitu mekanisme dimana komputer akan melakukan pengecekan terhadap dirinya sendiri pada saat dinyalakan.

Saat BIOS mendapati ada kerusakan atau komponen yang tidak merespon maka POST akan membatalkan permintaan meload sistem operasi yang ditanam pada hardisk. Pada kasus tertentu POST akan mengakibatkan komputer merestart terus menerus atau menampilkan blackscreen pada layar monitor.

BIOS sendiri berisi informasi tentang spesifikasi hardware yang bekerja dalam komputer, misalnya spesifikasi CPU, memory RAM, VGA dan komponen drive yang terpasang di komputer.

contoh tampilan BIOS


Untuk masuk ke dalam BIOS bisa memencet tombol DEL atau F2 tepat setelah tombol power on pada casing komputer dinyalakan. Tekan terus saja sampai masuk ke layar BIOS yang umumnya berwarna biru.

Oh ya, untuk BIOS versi lama, hanya mendukung operasi input lewat keyboard saja jadi gerakan mouse tidak akan terdeteksi. Sementara untuk versi BIOS terbaru biasanya sudah mendukung input dari mouse.

Comments