Tuesday, February 24, 2015

Menghilangkan autoplay /autorun windows 8

Fitur autoplay memungkinkan virus yang berasal dari flashdisk untuk melakukan infeksi ke dalam komputer menggunakan file autorun.inf. Cara penyebaran ini sangat disukai virus karena virus dapat langsung berjalan setiap kali ada flashdisk yang ditancapkan ke dalam komputer.

Menggunakan antivirus yang berjalan secara real time seperti smadav dapat membantu mencegah virus langsung masuk ke komputer. Tetapi ada baiknya kita melakukan tindakan pencegahan dengan menonaktifkan fitur autoplay pada komputer.



Dengan menonaktifkan fitur ini selain mematikan autorun virus juga mematikan autorun program yang ada pada CD2 driver, seperti CD bawaan laptop, motherboard maupun CD printer sehingga tidak bisa langsung tampil. Sobat newbie harus menjalankan program tersebut secara manual.

Untuk menonaktifkan fitur autoplay kita bisa masuk ke dalam Control Panel - Hardware and Sound - Autoplay. Hilangkan centang pada opsi use autoplay for all media and devices

Sekarang cobalah memasukkan CD driver sobat, apakah program dalam CD tersebut bisa otomatis berjalan? jika tidak berarti percobaan kita telah sukses dan kita telah melakukan satu tahapan pencegahan terhadap jalan masuk virus ke komputer kita.

No comments:

Post a Comment